Laman

Sabtu, 19 Maret 2011

TIPS MENENTUKAN MEREK PRODUK

    Begini gambarannya,seseorang membeli air mineral dalam kemasan dengan menyebut merek AQUA padahal dia tidak menginginkan aqua tapi merek lain,misalnya TOTAL atau yang lainnya.Jadi,orang menyebut AQUA air mineral untuk air dalam kemasan.

    Begitu juga ada sebagian daerah menyebut sepeda motor dengan HONDA,sehingga merek apapun motor itu tetap disebut HONDA.Ada juga penyebutan pompa air dengan SANYO,padahal kita tahu bahwa SANYO itu sebuah merek.Dan tahukah anda,ternyata odol itu sebuah merek pasta gigi,bukan sebutan pasta gigi itu sendiri???

    Bagaimana para pemilik merek bisa menancapkan merek mereka di masyarakat sehingga bisa mengganti nama barang itu sendiri? Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut:

    Pertama,merek tersebut adalh pioner atau yang pertama dalam produk tersebut.Misalnya AQUA yang merupakan pioner produk air mineral dalam kemasan,pompa air SANYO yang merupakan merek pompa air pertama di Indonesia,obat  anti nyamuk oles AUTAN yang merupakan merek pertama obat anti nyamuk oles di negeri kita.

     Kedua,kualitas produk yang lebih bagus dari pesaing dan mempunyai ciri khas tersendiri ,seperti kecap BANGO dengan rasanya yang lebih enak dari merek lain,motor HONDA dengan keiritan bahan bakarnya dri produk lainnya.

     Ketiga,mudahnya penyebutan merek dan nama merek yang pernah atau sedang menguasai pasar.Beberapa contoh dalam hal ini adalah obat anti nyamuk BAYGON,merek obat anti nyamuk yang sangat terkenal dan mudah didapat;snack anak-anak merek CHIKI,snack yang pernah menguasai pasaran di era 90-an,diapers bayi merek PAMPERS yang pernah menguasai pasar diapers dan menjadi pemain awal diapers untu bayi. 

     Dari beberapa contoh produk-produk yang telah sangat melekat di masyarakat sehingga bisa mengganti hakikat nama barang tersebut,menunjukkan bahwa ketepatan dalam menetapkan merek sebuah produk adalah sangat penting.Ketepatan dalam penetapan merek sehingga mudah dikenal oleh masyarakat akan mendatangkan promosi tanpa biaya karena masyrakat dengan sendirinya membicarakan merek produk tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka,rekomendasi terhadap produ tersebut,meningkatkan penjualan sebagai hasil promosi yang dilakukan masyarakat,serta loyalitas konsumen terhadap produk.Menetapkan sebuah merek produk perlu mempertimbangkan beberapa criteria,di antaranya :

1.Mudah diingat dan tidak membingungkan. 
  Usahakan memilih nama merek yang mudah diingat,Bahkan kalau bisa sekali sebut orang langsung ingat.Oleh karena itu,sebaiknya merek produk tidak terlalu panjang. Dan kalau kita cermati,hampir semua merek produk yang sudah terkenal dan melekat di masyarakat,nama merek mereka terdiri dari satu suku kata: HONDA,SANYO,BAYGON,AQUA,dll. 

2.Pilih nama yang berkaitan dengan produk. 
   Penting untu diperhatikan keterkaitan nama merek dengan produk.Hal ini untuk memudahkan konsumen untu mengingat dan menghubungkan masalah yang dialami  dengan solusi yang diharapkan.Misalnya,jamu masuk angin dengan merek TOLAK ANGIN,ini sangat mudah bagi konsumen untu mengingat solusi permasalahan masuk angin.Begitu juga AQUA yang merupakan bahasa Yunani yang mempunyai arti “air yang”.

3.Sesuaikan dengan karakter masyarakat.
   Hal ini meskipun tidak selamanya berpengaruh kuat akan tetapi penting bagi produk yang diterbitkan atau disediakan untuk  target pasar tertentu.Sebuah contoh yang di ketahui di bidang penerbitan buku Islam Pustaka Imam Syafi’i.Nama ini sangat pas di Indonesia.Semua orang Insya Allah mudah untuk menyebut nama tersebut karena sebagian kaum muslimin di Indonesia menganut madzhab Imam Syafi’I,Sehingga mereka sudah familiar dengan nama Imam Syafi’i.Bahkan,hal ini menimbulkan persepsi pada masyarakat bahwa Pustaka Imam Syafi’I merupakan penerbit buku yang bemadzhab Syafi’iyyah.

4.Gunakan kata-kata temuan. 
   Kata temuan merupakan kata yang tidak ada di kamus bahasa manapunyang diciptakan secara kreatif oleh manusia.Sebut saja KODAK,produsen mesin foto dan perangkatnya.Nama tersebut merupakan hasil otak-atik huruf oleh pendirinya.Atau TOSHIBA,produsen perangkat alat elektronik yang mengambil nama dari dua perusahaan yang merger.

5.Gunakan kata yang bermakna dan berkesan. 
   Kata yang bermakna dan berkesan bisa diambildari berbagai aspek,misalnya kata-kata yang bagus dalam Islam,kata-yang membuat penasaran konsumen atau yang lainnya.Banyak contoh dalam hal ini.Diantaranya,produsen busana muslim menamai produknya dengan AL-IHSAN, penerbit buku merek AL-FURQON,atau yang membuat terkesan atau penasaran konsumen seperti sebuah warung pecel di kota Nganjuk,Jawa Timur,yang sambalnya pedas sekali,dinamai dengan nasi pecel BLEDEG (petir), BAKSO TENIS yang menggambarkan bakso yang besar,dan yang lainnya.

     Beberapa hal yang membantu mengangkat merek tersebut adalah adanya logo merek yang sekilas menggambarkan produk yang hendak dipasarkan.Dan tentunya satu hal yang sangat penting,promosikan merek. Jadikan merek anda bagian hidup konsumen.



                                                           ****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar